03 July 2017

Resep: Steak Daging Sapi Keju

Makan steak enggak harus selalu di restoran, kan?
Libur Lebaran kemarin ceritanya mau produktif karena lagi enggak mudik. Semangat coba-coba resep juga sudah kembali sejak beli oven baru dan so far eksperimen sukses.

Kalau biasanya saya lebih sering bikin dessert (I have sweet tooth), kali ini tertantang bikin resep steak daging sapi. Saya dapat resep ini dari notebook sekaligus buku resep-resep berbahan keju hadiah beli keju Kraft udah lama banget. Berhubung saya suka keju, buku itu saya simpan baik-baik. Nah, pas lagi bolak-balik buku itu, saya tertarik mencoba bikin Steak Tempe.

Setelah saya buat Steak Tempe, berhubung tempenya sedikit dan enggak berasa, malah lebih banyak dan berasa kejunya, saya ganti nama resep ini jadi Steak Daging Sapi Keju. Bentuknya lebih ke steak burger. Resep ini sudah dimodifikasi sedikit. Bikin, yuk!



Bahan:
Steak daging sapi:
  • 50 gram tempe, potong dadu, goreng (saya cuma sampai kekuningan, nggak sampe kecokelatan)
  • 400 gram daging giling
  • 150 gram keju cheddar, potong dadu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 lembar roti tawar, rendam dalam sedikit susu cair sampai seluruh permukaan roti menyerap susu
  • 7 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 buah bawang bombai, cincang halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sdt tepung maizena
  • 2 sdm margarin untuk menumis
Saus steak:
  • 50 gram daging, potong dadu
  • 50 gram wortel, potong dadu
  • 50 gram bawang bombai, potong empat
  • 1 tangkai daun seledri, iris kasar
  • 100 gram kentang, potong dadu
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 400 ml air
  • 200 gram margarin, lelehkan
Pelengkap:
  • 150 gram wortel, potong korek api, rebus
  • 100 gram buncis, potong dua, rebus
  • 250 gram kentang goreng
Alat:
  • Baskom
  • Spatula
  • Kulkas
  • Wajan datar antilengket
  • Sendok
Cara membuat:
Steak daging sapi keju:
  1. Aduk rata bahan steik dengan spatula. Bagi menjadi enam. Bentuk bulat pipih dengan tangan. Simpan di kulkas.
  2. Saat akan disajikan, panaskan margarin di wajan datar, lalu letakkan steak di atasnya. Masak sampai kecokelatan, lalu balik dan masak lagi sampai kecokelatan. Angkat jika sudah matang.
  3. Sajikan steik dengan saus dan pelengkap.
Saus steak:
  1. Rebus semua bahan saus kecuali margarin sampai airnya tinggal 1/4 bagian. (Hmm... Wanginya seperti sup ayam!) Dinginkan.
  2. Blender semua bahan tadi sampai halus. Matikan blender.
  3. Tuangkan margarin leleh ke adonan saus. Aduk rata.
  4. Saus siap disiramkan ke atas steak.
Untuk: 6 porsi

Hasilnya enakkk... Kalau steak-nya dimakan begitu saja memang asin, makanya lebih enak disantap bersama saus dan pelengkapnya. Kalau di rumah saya, keluarga saya makan steik ini pakai nasi supaya lebih kenyang. :)) Tapi tekstur steik buatan saya ini gampang hancur saat dipotong. Mungkin saya kurang memadatkannya, ya, saat membulatkan dan memipihkan adonan steak?
    Kotak-kotak putih di daging steak itu kejunya
    Selamat mencoba resep saus dan steak ala burger ini!

1 comment:

  1. yummy banget nih kelihatannya!


    Pejuang diskon hingga 70%

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.3304&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F850233090%2F%3Fsmtt%3D1.3304

    ReplyDelete

Pendapat Anda?