26 September 2011

Surga Kecil Bernama Rumah Durian Harum

Saya penggemar berat durian, tapi kesempatan untuk merasakan nikmat surgawi buah ini tidak selalu datang. Pertama, mahal. Kedua, orang tua saya tidak boleh sering-sering atau banyak-banyak mengonsumsi durian. Kolesterol katanya.

Hasrat yang ditahan-tahan menyebabkan rindu. Jika pada akhirnya bertemu, momen itu berasa sangat berharga, bukan? Itulah yang saya rasakan saat akhirnya saya melepas rindu dengan mampir ke Rumah Durian Harum yang terletak di Jalan Panjang, dekat perempatan Pos Pengumben, Jakarta Barat.


Tempat ini sering saya lewati. Sejak dulu saya ingin mampir ke sini, namun tidak kunjung sempat. Ciri khasnya terletak di replika durian di gerbang masuk dan dekat pintu.

Tampak depan
Di sini, pengunjung dapat memilih langsung durian yang disukai. Jenisnya ada durian monthong Thailand (Rp 29.500/kg), durian monthong lokal matang pohon (Rp 35.200/kg), durian Medan (Rp 29.500/kg), serta durian salju. Durian yang sudah dipilih dan ditimbang dapat dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Bagi pengunjung yang ingin membeli buah durian dalam porsi kecil, Rumah Durian Harum menyediakan durian lokal kupas (Rp 50.000/kemasan) dan durian monthong kupas (Rp 60.000/kemasan). Selain itu, ada pula durian beku.

Tempat penjualan durian utuh

Tidak hanya durian asli, pengunjung juga dapat memanjakan lidah dengan berbagai penganan olahan durian. Sebut saja keripik (Rp 37.500), dodol, lempok (Rp 13.500), serabi (Rp 10.000), es krim (120 ml: Rp 10.000, 220 ml: Rp 18.000, 750 ml: Rp 45.000), serta ketan kolak durian (Rp 21.000). Rumah Durian Harum juga menjual makanan ringan yang tidak berbahan dasar durian serta siomay Bandung (Rp 24.000).

Area makan

Berhubung Ibu saya pecinta berat durian tapi (sebenarnya) harus mengurangi makan durian, jadi kami hanya mencoba:

Serabi durian
Harga: Rp 10.000/2 buah
Rate rasa: 4/5

Setangkup serabi Bandung dengan kuah gula merah dan sari durian asli, siapa yang bisa tahan?

Ketan kolak durian
Harga: Rp 21.000/porsi (lupa harga sebenarnya, hehe)
Rate rasa: 4,5/5

Di beberapa daerah, orang mengenalnya dengan nama 'kinca'. Nasi ketan putih disiram dengan kuah santan yang manis dan hangat serta diberi sebiji buah durian asli yang dingin... Oh, saya merasakan foodgasm... Beginilah rasanya jika sudah lama tak makan durian. Terasa begitu surgawi.

Kolak ketan durian

Siomay Bandung
Harga: Rp 24.000/porsi
Rate rasa: 4/5

Harganya memang mahal, tapi setimpal dengan rasanya. Yummy.

After taste? Guilty pleasure. Bagaikan baru saja melakukan dosa manis. Silakan coba sendiri untuk tahu apa yang saya rasakan saat mampir ke sini.


Rumah Durian Harum
Jl. Raya Panjang No. 29 (Simpang Empat Pos Pengumben)
Jakarta Barat
Telp: 021-53651249
Buka setiap hari, 10.00-22.00

4 comments:

  1. minggu kmarin akhirnya gw bs ksana jg, finally kelengerr setelah ngabisin durian chane yg berbobot 4 kiloan tsb bertiga. :)

    ReplyDelete

Pendapat Anda?