07 July 2018

Resep: Shakshouka (Mirip Telur Ceplok Asam Manis)

Shakshouka, telur dengan saus tomat


Saya kurang familiar dengan hidangan Timur Tengah karena jarang sekali menyantapnya. Sayapun pertama kali tahu shakshouka dari teman saya yang saat itu sedang ikut challenge bikin masakan Timur Tengah. Tapi saat itu saya cuma tahu sekilas saja. 'Oh shakshouka itu kayak gini, toh', pikir saya.

Sudah tahunan berlalu dari perkenalan pertama saya dengan shakshouka, tiba-tiba minggu lalu saya punya 'ilham' untuk cari tahu tentang hidangan ini. Saya cek-cek resepnya di Cookpad, kok kelihatannya gampang, ya? Bahannyapun saya punya semua. Karena resep ini terbilang praktis, saya jadwalkan untuk dibuat sebagai sajian sarapan di hari kerja.

Untuk yang belum tahu, shakshouka itu hidangan yang populer di Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahan utamanya telur, ditambah tomat, bawang bombai, cabai/paprika, dan terkadang jinten. Telurnya dimasak setengah matang, jadi kuning telurnya masih meleleh. Biasanya shakshouka dinikmati sebagai cocolan roti.

Shakshouka versi saya di bawah ini tidak pakai cabai karena biar bisa dimakan oleh anak saya, tidak pakai jinten karena tidak ada, dan tidak pakai paprika karena kurang suka. Saya buat telurnya matang karena suami saya kurang suka telur setengah matang dan agar enak dimakan dengan nasi. Hahaha... Indonesia banget, ya? Setelah jadi, hasilnya seperti telur mata sapi dengan bumbu asam manis. Enak, dan suami doyan!

Ini resepnya (terinspirasi resep Diana Endri Rosisca):


Bahan Shakshouka:

  • 3 butir telur
  • 1/2 buah bombai, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • Saus tomat agak banyak (saya enggak takar, mungkin kira-kira 5 sdm)
  • Air sedikit
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak sedikit untuk menumis
  • 1 batang seledri untuk taburan, ambil daunnya dan rajang

Alat:

  • Wajan datar antilengket
  • Spatula
  • Tutup wajan

Cara Membuat Shakshouka:

  1. Panaskan minyak di wajan, lalu tumis bombai sampai transparan
  2. Masukkan bawang putih. Tumis sebentar.
  3. Masukkan tomat, saus tomat, garam, gula, merica, dan sedikit air. Masak hingga tomat lembut. Cicipi.
  4. Jika rasanya sudah pas, buat lubang di tengah adonan dan pecahkan telur di situ. Ulangi langkah ini untuk dua telur lain.
  5. Tutup wajan agar telur matang. Matikan api jika telur sudah mencapai kematangan yang diinginkan (setengah matang atau matang sempurna).
  6. Taburi dengan seledri. Shakshouka siap dinikmati bersama nasi atau roti.
Gampang, kan? Bisa jadi ide untuk sarapan, nih. Walaupun terinspirasi hidangan Timur Tengah, rasanya cocok di lidah orang Indonesia. Saya saja berencana bikin lagi, tapi nanti telurnya dibuat setengah matang dan dijadikan cocolan roti.

Let's give it a try!

1 comment:

Pendapat Anda?