20 July 2018

Resep: Pie Susu Cocopandan (No Oven)

Potongan Pie Susu Cocopandan tampak samping


Lagi scroll-scroll Cookpad, nemu resep Pie Susu Teflon by Kadek Anita. Setelah dicek, kayaknya gampang, nih. Takarannya pakai sendok dan bikinnya pakai teflon, cocok untuk saya yang belum punya timbangan dan oven.

Baca-baca hasil recook, pada bilang ini gampang, enak, bahkan pemula saja langsung sukses bikinnya. Setelah itu, saya menemukan resep pie susu lainnya yang ternyata juga bersumber dari Kadek Anita, dan testimoninya juga positif. Yo wis, cookmark (istilah Cookpad untuk bookmark) dulu, deh.

Beberapa hari lalu, saat mencari ide bikin kue atau camilan yang bisa memanfaatkan bahan yang ada di kosan, saya kepikiran bikin pie susu teflon tapi pakai susu kental manis cocopandan. Saya bikinnya nothing to lose aja, deh. Soalnya, kadang, walau orang-orang bilang resepnya gampang dan cocok untuk pemula, saya masih saja gagal membuatnya. Maklum, ratu gagal. Hahaha...

Apalagi teflon saya bukan yang datar ukuran 22-23 cm, tapi Maxim Herowok ukuran 26 cm yang bentuknya lebih mirip wajan untuk menumis. Dari sananya enggak ada tutupnya, jadi saya pakai tutup kukusan besar. -_-'

To my surprise, beneran gampang dan hasilnya enak! I successfully made it on the first trial! Ternyata cocopandan cocok juga dengan pie susu. Rasanya jadi agak bedatapi enak.

Coba deh resep pie susu yang sudah saya sesuaikan ini:


Bahan Pie:

  • 10 sdm tepung terigu (saya pakai terigu serbaguna/protein sedang)
  • 5 sdm margarin (saya pakai Blueband Cake & Cookies)
  • 1 buah kuning telur

Bahan Vla:

  • 2 buah kuning telur
  • 10 sdm air
  • 14 sdm susu kental manis cocopandan (saya 4 sdm SKM putih + 10 sdm SKM cocopandan)
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Pie:

  1. Campur semua bahan pie sampai rata dan uleni sampai kalis atau tidak lengket lagi di wadah
  2. Ratakan adonan dengan tangan ke dasar teflon sampai ke pinggir agak ke atas (jadi seperti mangkuk datar dan lebar). Pastikan ketebalannya sama. Iris pinggiran adonan pie jika perlu agar bentuk bundarnya rapi.
  3. Tusuk-tusuk pie dengan garpu, sedangkan bagian pinggirnya diberi guratan-guratan dengan punggung garpu. Sisihkan.

Cara Membuat Vla:

  1. Kocok semua bahan sampai tercampur rata.

Penyelesaian:

  1. Tuangkan vla ke atas adonan pie di teflon sampai batas bawah guratan di pinggir (sisakan sedikit ruang untuk pinggiran kulit pie). Pastikan teflon 'duduk' seimbang di atas besi kompor agar vla memenuhi bagian tengah adonan pie dengan rata.
  2. Nyalakan kompor dengan api super kecil (nyaris mati).
  3. Tutup teflon dan diamkan sampai pie matang (saya sekitar 15 menit). Aroma kue yang sedang dipanggang akan menguap di udara.
  4. Cek apakah kulit pie sudah menguning dan mengeras serta vla sudah set. Kalau sudah, matikan api.
  5. Diamkan pie sampai agak dingin di teflon, baru gunakan sutil (sodet) untuk memindahkan pie ke piring. Saat menggerakkan sodet untuk memisahkan pinggiran kulit pie dari teflon, lakukan perlahan karena kulit pie masih rapuh.
  6. Pie susu cocopandan sudah bisa dipotong-potong dan dinikmati. Kalau mau pie lebih set dan kulitnya lebih keras, simpan dulu di kulkas.
Postingan IG story suami saya, which means he was proud of what I made :)

Tips Sukses Membuat Pie Susu Cocopandan:

  • Karena niatnya mau menghabiskan susu kental manis cocopandan, harusnya saya menggunakan 14 sdm SKM cocopandan. Tapi karena awalnya lupa, saya terlanjur menuangkan 4 sdm SKM putih, baru setelah ingat saya teruskan dengan SKM cocopandan.
  • Di gigitan pertama takaran SKM tersebut agak kemanisan, tapi seterusnya menurut saya pas. Kalau kurang suka manis, Anda bisa mengurangi takaran menjadi 12-13 sdm saja.
  • Anda bisa bereksperimen dengan rasa lain. Misalnya, menggunakan SKM putih plus keju parut, SKM cokelat, atau SKM putih yang diberi aneka perasa makanan.
  • Saya pakai mikser untuk mengocok adonan vla, jadi hasilnya halus. Kalau pakai kocokan tangan atau manual, Anda bisa menyaring vla untuk hasil yang lebih mulus.

Pie-nya crumbly dan memiliki ketebalan yang seimbang dengan vla-nya yang manis. Buktikan sendiri kalau resep ini gampang dan dijamin sukses!

Untuk: 8 potong

1 comment:

Pendapat Anda?