11 January 2011

Fakta Unik Tato

 ·         Asal Mula Istilah Tato

Istilah ‘tato’ berasal dari bahasa Tahiti ‘tatau’, yang berarti ‘menandai’. Konon ‘tatau’ adalah kata onomatopoeic, atau kata yang dibentuk berdasarkan bunyi. ’Tat’ merujuk pada ‘ketukan’ instrumen tato ke dalam kulit, sedangkan ‘au’ adalah teriakan orang yang kesakitan saat ditato. Dengan kata lain, tato adalah tanda/desain permanen yang dibuat dengan cara memasukkan pigmen ke dalam lapisan dermis melalui irisan di lapisan kulit paling atas.


·         Bahan Pewarnaan Tato Zaman Dulu

Dulu, warna hitam-kebiruan diperoleh dari jelaga atau tinta, sedangkan warna merah berasal dari serpihan batu bata. Untuk mencampur dan merekatkan bahan pewarna tersebut, penato menggunakan air liur atau air seni!

 

·         Mesin Tato Pertama

Tom Riley mematenkan mesin tato elektrik pada tahun 1891. Bentuknya mirip pulpen dengan sejumlah jarum terpasang. Mesin tato ini menyuntikkan tinta dengan cepat ke dalam kulit Konsepnya elektrisnya persis seperti bel yang ada di rumah.

 

·         Tato dalam Penjara

Penjara tak bisa mematikan kreativitas. Buktinya, meski mesin tato dilarang dalam penjara, para narapidana tetap membuat mesin tato dengan cara yang tidak biasa, yaitu dari senar gitar dan motor tape deck.

Tato Senar Gitar

 Sumber: http://www.rentyman.com/neatstuff/tattoo.jpg

 

·         Tato: Pesan Rahasia dalam Perang

Menurut sejarawan Yunani Herodotus, Histiaeus dari Miletus mengirimkan pesan rahasia kepada menantunya, Aristagoras, melalui salah seorang budak laki-laki. Caranya? Rambut budak tersebut dicukur sampai habis, kemudian isi pesan yang menyuruh Aristagoras untuk segera memulai pemberontakan ditatokan ke kepalanya. Setelah rambutnya tumbuh kembali dan pesan tersebut sudah cukup tertutup, budak tersebut dikirimkan ke Aristagoras. Ia dapat membaca pesan rahasia tersebut setelah rambut si budak dicukur kembali.

 

·         Perburuan Kepala Bertato
Sekitar akhir abad 18 sampai awal abad 19, kepala bertato menjadi komoditas di suku Maori, Selandia Baru. Mereka menato kepala dan bokong mereka dengan cara memahat dan menggosokkan tinta ke kulit mereka. Awalnya kepala bertato hanya untuk disimpan, terutama kepala dari kepala suku yang sudah meninggal dunia. Namun, lama-lama kepala bertato dijadikan alat barter dengan senjata api dan menjadi komoditas yang bernilai jual.
Pembunuhan berdarah dingin merajalela. Kepala para budak pun sengaja ditato agar suatu saat dapat dipotong dan dijual. Baru pada tahun 1831 Gubernur New South Wales, Darling, melarang praktik tersebut.

 Kepala Manusia yang Diawetkan

·         Mumi Bertato
Tato bukanlah produk budaya baru. Pada Oktober 1991, di sekitar Austria dan Italia, ditemukan jasad beku berumur 5000 tahun yang memiliki beberapa tato di tubuhnya. Karena posisi tato-tato tersebut tepat di titik-titik akupunktur, para ahli beranggapan tato-tato tersebut dibuat untuk alasan terapis.

Mumi Bertato
Sumber: http://www.camma.ch/wp-content/uploads/2009/03/iceman-photoscan.png

·         1000 Tato Disney
dari Amerika memiliki 1000 tato bergambar karakter Disney yang menutupi 80% tubuhnya. Peletakan gambar Disney tersebut dilakukan dengan aturan tertentu, misalnya karakter penjahat berada di bawah lutut, sedangkan tato binatang-binatang laut ditempatkan di bawah perut. Semua tato tersebut telah mendapat izin dari pihak Disney dengan beberapa syarat, misalnya ia tidak boleh ke studio tato, tampil di majalah tato, dan mencari uang dari tato tersebut.

Pecinta Disney Sejati
Sumber: http://blogs.orlandosentinel.com/business_tourism_aviation/files/2010/11/GeorgeReiger23.jpg
·         Sesi Tato Terlama
Stephen Grady dan Melanie Grieveson dari Australia memecahkan rekor sesi tato terlama, yaitu 43 jam 50 menit pada 26-28 Agustus 2006.

·         Tato Terbanyak dalam 24 Jam
Derek Kastning dari Texas, Amerika Serikat, mengalahkan rekor tato terbanyak dalam waktu 24 jam yang pernah diraih Oliver Peck di negara bagian yang sama. Oliver membuat 415 tato pada 13 Juni 2008, sedangkan Derek berhasil membuat 726 tato pada 27 Oktober 2008.

Oliver Peck (kanan) sedang Memperlihatkan Piagam Rekornya
Sumber: Guinness World Records


Derek Kastning (kiri) sedang Membuat Tato
Sumber: Guinness World Records
·         Wanita Bertato Terbanyak
Krystyne Kolorful dari Kanada dan Julia Gnuse dari Amerika dinobatkan sebagai wanita yang memiliki tato paling banyak, yaitu 95% dari tubuh mereka. Julia bertato untuk menyamarkan luka permanen akibat penyakit kulit porphyria.

Julia Gnuse tanpa Sehelai Benagpun di Tubuhnya
Sumber: http://www.alivenotdead.com/attachments/2010/11/10/21/211177_2010111021030150.jpg
Krystyne Kolorful dan Tatonya yang Colorful
Sumber: http://skinillustrations.files.wordpress.com/2009/03/ta0532_krystyne_wm.jpg?w=185&h=263

·         Orang Bertato Terbanyak
Ini dia orang yang kulit tubuhnya 100% tertutup tato. Pria berkebangsaan Australia ini bernama Lucky Diamond Rich. Ia bahkan menato gusinya!

 Manusia yang Paling Sering Bertemu dengan Jarum Tato

Sumber: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivPYcWv6rirGiTiRYEv6vlO3xaNFbMnC7f9Pw7vOLIUL1opffdxhguBsHIMJ2CWxh5WaxexmwJymH_t_AQLhLtnPDm3xOlxWJvlsFF7hKuOTjGTLxFol_sYGZpRic8cq93DbqLMQo8edSM/s320/lucky-diamond-rich-1.jpg

No comments:

Post a Comment

Pendapat Anda?