02 September 2012

Astaga, Anak Muda Inggris Tak Tahu Telur Berasal dari Ayam!

Seringkali kita tak peduli dengan makanan yang kita santap. Entah asalnya dari mana, bagaimana pengolahannya, yang penting enak di mulut. Siapa sangka ketidaktahuan ini begitu parah hingga ada orang yang mengira bahwa telur berasal dari gandum?




Fakta ini ditemukan oleh organisasi Linking Environment and Farming (LEAF) asal Inggris. Mereka meneliti 2,000 dewasa muda berusia 16-23 tahun tentang asal muasal makanan yang biasa mereka santap. Para partisipan diminta mencocokkan gambar makanan dengan tanaman atau hewan yang menjadi sumber hidangan tersebut.

Hasilnya mengejutkan. Satu dari 10 dewasa muda di Inggris menganggap bahwa telur berasal dari gandum atau jagung. Dari seluruh peserta tes, kurang dari setengahnya yang tahu bahwa mentega berasal dari sapi perah. Bahkan, 8% partisipan mengira bahwa bacon (daging babi asap) terbuat dari gandum, sementara 2%nya memasangkan gambar bacon dengan jagung.

Fakta ini tak berbeda jauh dengan makanan yang berasal dari tanaman. Satu dari lima orang menjawab bahwa selai atau marmalade bersumber dari tanaman sereal. Sementara itu, sepersepuluh peserta menganggap bahwa kentang, gandum, dan oat dapat tumbuh kurang dari sebulan.

Hanya setengah partisipan yang dengan benar mencocokkan bahwa steak berasal dari sapi, sementara 12%nya berpikir bahwa steak berasal dari gandum atau jagung. Meski demikian, sebanyak 43% peserta menganggap bahwa mereka tahu asal muasal makanan.

“Kami sering mendengar laporan bahwa pengetahuan kita akan makanan semakin berkurang. Namun, penelitian baru ini menunjukkan bahwa situasinya telah menjadi sedemikian parah,” ujar Caroline Drummond, Chief Executive LEAF, seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut Caroline, tiga dari sepuluh dewasa muda yang lahir tahun 1990-an belum pernah mengunjungi peternakan dalam waktu 10 tahun. “Hal ini memalukan, karena petani kita tak hanya berperan penting dalam produksi pangan, tapi juga dalam melibatkan konsumen,” tambah Caroline.

Polling ini menunjukkan bahwa pengetahuan pangan meningkat seiring usia. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang pertanian dan peternakan Inggris, LEAF akan menggelar Open Farm Sunday pada akhir pekan ini.

Sumber: Daily Mail

No comments:

Post a Comment

Pendapat Anda?