17 November 2013

PiePal, Pesan Pizza dengan Satu Tombol

PiePal. Namanya mengingatkan kita akan perusahaan yang mengurusi pembayaran online yakni PayPal. Sebenarnya PiePal juga melayani pemesanan online, yakni pizza, dengan menekan satu tombol saja!


PiePal. Foto: iStrategyLabs



Bergadang tengah malam membuat perut keroncongan. Namun, seringkali kita malas berjalan ke dapur untuk membuat makanan instan atau menelepon pesan antar. PiePal bisa jadi solusinya.

Bentuknya kotak dengan tombol bundar besar di atasnya. Anda tinggal memutar tombol untuk memilih jumlah pizza yang dipesan, yakni satu sampai lima. Setelah itu, tekan tombolnya. Lampu LED di tombol akan menyala, tanda pesanan sedang diproses.

Tunggu saja, 30 menit kemudian bel rumah akan berbunyi. Pengantar pizza Domino's membawa makanan favorit Anda! Wah, seperti sistem pemesanan pizza darurat!

PiePal adalah prototipe yang sedang dikembangkan perusahaan strategi digital iStrategyLabs yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat.

"Benda apa yang orang-orang (ingin) dapatkan di tengah malam? Yang Anda malas memakai aplikasinya, yang inginnya tinggal tekan tombol lalu ada? Pizza," ujar kepala pemasaran iStrategyLabs DJ Saul, seperti diberitakan NPR (13/11/13).

Meski alat ini terlihat sederhana, mekanisme di baliknya cukup rumit. Perangkat keras ini memakai kombinasi papan sirkuit Arduino dan Raspberry Pi, komputer seukuran kartu. Perangkat lunaknya dijalankan oleh JavaScript menggunakan Node.js.

Bagaimana dengan pilihan pizza dan pembayarannya? Sebelum menggunakan PiePal, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Masukkan alamat pengantaran dan alamat penagihan, lalu pilih pizza favorit Anda.

Tim iStrategyLabs juga sudah memikirkan kemungkinan PiePal tertekan dengan tak sengaja, baik oleh orang lain, hewan peliharaan, atau bayi. Nantinya PiePal akan memiliki wadah akrilik bening yang memerlukan dua kunci untuk mengakses alat ini.

Saulpun menegaskan bahwa ini bukanlah proyek klien untuk Domino's. "Kami tak mengenal orang Domino's sama sekali. Kami hanya menggunakan infrastruktur pemesanan mereka karena inilah struktur pemesanan online yang paling canggih di antara jaringan restoran pizza besar lainnya," katanya.

No comments:

Post a Comment

Pendapat Anda?