27 November 2016

Trimester 3 is Tough

After having a pleasant trimester 1 and 2, I find trimester 3 is tough. It's the 30th week and I'm getting bloated. Berat badan so far naik sekitar 10 kg tapi badan berasa berat banget.

Jalan jadi lelet dan rada ngangkang dengan perut membusung, ala emak-emak hamil (ya eyalah). Jalan nggak bisa jauh-jauh, udah capek.

Kaki makin bengkak sampe alas kaki yang biasa dipake jadi sesak. Terpaksa beli baru yang gedean, padahal normal aja ukurannya udah 40 hahaha...

Bawah perut sebelah kiri suka nyeri, terutama kalau abis bangun dari duduk. Kalau berdasarkan Google sih, itu wajar karena ligamen lagi robek.

Salah satu yang paling nyiksa itu pas tidur. Karena terlentang nggak baik untuk si dedek, jadi harus miring (kiri). Tapi ngubah posisi dari telentang ke miring aja itu effort beuttt. Paha bagian belakang sakit huhuhu...


Kaki kayaknya kerja beberapa kali lipat lebih berat dari biasanya. Mau wudhu, pas bagian kaki susah. Ngangkat dikit, sakit, termasuk pas mau pake mukena bawah sama pake celana dalam. Pas solat, paling maknyus pas duduk di antara dua sujud sama tahiyat awal. Nggak bisa lama-lama, itupun duduknya nggak bisa posisi sempurna karena kaki bengkak dan sakit kalau tertekan. .

Kata orang-orang perut saya termasuk gede. Tapi kata dokter normal, kok.

Hal unik lainnya yang saya rasakan so far:
- Suka ada cairan merembes dari sekitar nipple dan kalau mengering di baju jadi keras. Kata Google itu kolostrum dan wajar keluar sejak usia kehamilan lima bulan.
- Sempat merasakan kayak kebelet terus karena kandung kemih tertekan perut yang makin gede
- Kadang merasa gerah
- Gigi geraham kiri kadang suka sakit dan ada garis putih di kuku. Kayaknya gara-gara kalsium di tubuh diambil sebagian sama si dedek

Kadang kalau lagi ngerasa capek, saya jadi pengen nangis dan manja sama suami hahaha... Tapi saya harus bersyukur karena overall kehamilan saya termasuk enak dibanding beberapa bumil lain. Saya harus lebih sabar, tinggal 10 minggu lagi kok sampai saya merasakan sakit yang lebih dahsyat sebelum akhirnya bisa melihat jelas sosok yang selama ini muter-muter di perut saya. Bismillah...

2 comments:

  1. Emaaaaaa.. Sehat2 ya 😍 terakhir mampir sini pas liat resep es cream nangka, ini lagi mampir dan ternyata km sudah di trimester 3! Congrats yaa... So happy to know it! Due date-nya kapan? Bismillahirrohmanirrohiim.. Semoga dilancarkan yaa.. Hehehe.. Your world will gonna be changed for good very soon!

    - Reny Annisya (Swable, Mikir :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih Reny! Kamu juga sehat-sehat dan lancar-lancar yaa... Udah berapa minggu? Aku due date 5 Februari insya Allah. :)

      Delete

Pendapat Anda?