12 January 2019

Resep Gohu Ikan Tuna, 'Sashimi'-nya Orang Ternate

Look at that color combination!

Sashimi + sambal matah = gohu ikan

Suka sashimi? Saya juga. Apalagi salmon sashimi. Duh, irisan daging ikan mentah ini gurih dan lembut, enak banget di mulut. Kalau lagi makan di restoran sushi, salmon sashimi sering saya pesan juga (kalau lagi enggak mikirin bujet makan hahaha).

Suatu hari, saya dengar kalau Indonesia juga punya sashimi versi sendiri. Namanya gohu ikan, asalnya dari Ternate. Ini seperti sashimi tuna dicampur sambal matah. Jadi, fillet tuna dipotong dadu, diberi topping bawang merah, cabai, kacang, kemangi, lalu disiram minyak panas. Sashimi dan sambal matah, dua-duanya makanan kesukaan saya!

Meski mentah, tunanya aman dikonsumsi, kok. Sebab, daging tuna dicuci dengan air matang, dibaluri air jeruk dan garam untuk mematikan bakteri, plus disiram minyak panas. Melumuri ikan dengan air jeruk dan garam juga berfungsi menghilangkan amis dan membuat rasa ikan lebih enak.

Beuh... Segar, deh, rasanya. Daging tunanya terasa lembut sedikit kenyal. Ada rasa agak asam dari air jeruk, wangi dari bawang merah dan kemangi, pedas dari cabai, serta renyah dari kacang tanah (my favorite!).

Bikinnya juga relatif mudah. Saya biasanya mempraktikkan resep dari sini, tapi takarannya suka-suka dan bahannya diganti dengan yang ada di rumah.

Ini resep dengan bahan aslinya (takarannya terserah Anda, ya):



Bahan Gohu Ikan Tuna:

  • Fillet tuna (bisa diganti cakalang), potong dadu, cuci bersih dengan air matang beberapa kali
  • Garam
  • Lemon cui/jeruk kunci/kietna/jeruk kesturi/jeruk ikan Manado (saya pakai jeruk nipis), peras dan ambil airnya
  • Bawang merah, iris-iris
  • Cabai rawit, iris-iris
  • Kemangi, petiki daunnya
  • Kenari (saya pakai kacang tanah yang digoreng dan ditumbuk kasar)
  • Minyak kelapa klentik (saya pakai minyak goreng biasa), panaskan

Cara Membuat Gohu Ikan Tuna:

  1. Campur tuna dengan garam dan air jeruk di dalam mangkuk tahan panas. Aduk rata dan diamkan beberapa saat.
  2. Masukkan bawang, cabai, kemangi, dan kacang ke mangkuk tadi. Siram dengan minyak panas.
  3. Sajikan.

Konon orang Ternate biasa menyantap gohu ikan dengan singkong atau pisang rebus. Tapi, dimakan dengan nasi atau digado enak juga, lo. Coba, gih!

2 comments:

Pendapat Anda?