12 April 2015

Recipe: Crispy Kaya Toast a la Kopitiam

Saya suka kopitiam seperti saya menyukai warkop. Mungkin karena saya menikmati sebagian besar makanan dan minuman yang dihidangkan di sana: telur setengah matang, teh tarik, roti panggang, dan sebagainya.

Saat browsing ide 'memasak' untuk weekend ini, saya ketemu resep ini. Saya jadi terpikir bikin sarapan a la kopitiam. Kebetulan, di kulkas ada sisa cokelat masak dari resep Chocolate Lava Cake. Membuatnya mudah, kok.

Crispy kaya toast dengan semprotan cokelat leleh


Bahan:

- 10 lembar roti tawar kupas
- Margarin atau mentega (untuk olesan)
- Selai srikaya (untuk olesan)
- 100 gram baking chocolate, potong-potong

Alat:

- Wajan Happy Call
- Sendok atau pisau (untuk mengoles)
- Pisau
- Talenan
- Plastik tahan panas (untuk menyemprotkan cokelat)
- Gunting
- Panci kecil
- Panci sedang
- Spatula

Cara membuat:

1. Isi panci kecil dengan air secukupnya, lalu panaskan dengan api kecil sampai simmer (muncul gelembung-gelembung kecil).

2. Masukkan cokelat ke panci sedang, lalu letakkan panci sedang di atas panci kecil tadi. Aduk-aduk dengan spatula sampai cokelat meleleh semua. Sisihkan.

3. Letakkan roti di wajan (muat 4 lembar roti tawar kupas) dan tutup Happy Call. Panggang dengan api sedang sekitar satu menit. Balik, panggang lagi sekitar satu menit. Cek warna roti di kedua sisinya. Apakah sudah berwarna cokelat agak gelap dan merata? Kalau belum, panggang lagi. Kalau sudah, matikan api. Roti yang berwarna cokelat merata akan renyah dan kering.

4. Masih di wajan, olesi setiap lembar roti (satu sisi saja) dengan margarin dan selai.

5. Tempelkan dua lembar roti di bagian yang beroles. Pindahkan ke talenan, potong roti jadi dua. Pindahkan ke piring dan tumpuk.

6. Masukkan cokelat leleh ke plastik tahan panas dan ikat ujung atas plastik. Gunting salah satu sudut plastik untuk membuat lubang kecil.

7. Semprotkan cokelat leleh ke atas tumpukan roti secara zigzag. Sajikan roti selagi hangat agar renyah. Tambahan cokelat membuat roti jadi lebih enak!

Untuk: 10 potong

Tips:

- Cokelat pada foto saya tambahi 1 sdm margarin saat dilelehkan agar cokelat jadi pasta (tidak mengeras kembali). Saran saya, gunting ujung plastik cokelat kecil sekali agar cokelat yang disemprotkan tidak terlalu tebal dan membuat roti jadi terlalu manis.

- Memanggang roti di oven sampai kering juga bisa. Mungkin hasilnya akan lebih renyah.

- Nikmati crispy kaya toast dengan segelas teh tarik untuk pengalaman seperti di kopitiam.

Selamat mencoba untuk sarapan besok!

Crispy kaya toast disajikan bersama teh susu hangat

No comments:

Post a Comment

Pendapat Anda?