25 January 2012

Kulkas Ini Bisa Bicara dan Membantu Diet!


-->
Teknologi yang ada sekarang pernah dianggap mustahil pada zaman dahulu. Contohnya, mana ada kulkas bisa bicara? Siapa sangka, hal tersebut menjadi kenyataan baru-baru ini. Tidak cuma dapat bersuara, kulkas canggih ini juga bisa membantu Anda diet!

LG THINQ Smart Refrigerator sedang dipamerkan dalam CES 2012. Foto: techaw.com    

LG baru saja meluncurkan 'THINQ Smart Refrigerator' di acara Consumer Electronic Show 2012, Las Vegas, Amerika Serikat. Kulkas ini dapat terhubung dengan peralatan elektronik dapur, smart TV, komputer, dan smartphone melalui WiFi. Di bagian depannya terdapat layar sentuh yang dapat menampilkan beragam informasi, termasuk jadwal harian dan memo.

Semua barang yang masuk ke kulkas akan di-scan dengan barcode scanner, termasuk masa kadaluwarsanya. Jika sudah mendekati tanggal tersebut, lemari es canggih ini akan mengingatkan Anda melalui SMS. Selain itu, kamera yang terpasang di dalamnya membuat Anda tak perlu repot-repot membuka kulkas dan mencatat belanjaan. Tinggal lihat saja isi kulkas melalui telepon genggam Anda.

Lemari es hebat ini juga dapat membantu program diet penggunanya. Kita dapat memprogram indeks massa tubuh (BMI) dan target penurunan berat badan di kulkas ini. THINQ juga memiliki teknologi pengenal suara, sehingga jika ada orang yang membuka kulkas, sistem akan disesuaikan dengan data si pengguna.

Berdasarkan data tersebut, kulkas pintar ini akan memberikan alternatif makanan atau minuman yang lebih sehat, berikut resep dan menu harian atau mingguan. Bahkan lemari es tersebut dapat menyalakan oven yang kompatibel, mengatur suhu dan waktunya, sesuai yang disarankan dalam resep.
Fitur-fitur LG THINQ Smart Refrigerator. Foto: geeksugar.com
Seperti dikutip dari Daily Mail, jika Anda mengambil makanan yang kurang sehat, kulkas ini akan memberi tahu Anda dengan 'berbicara'. Anda jadi punya ahli nutrisi pribadi di rumah.

Tamu dadakan sering membuat kita tak sempat menyajikan minuman dingin, karena membutuhkan waktu lama di dalam kulkas untuk mendinginkannya. Jika Anda punya kulkas pintar ini, masukkan saja wine ke dalam high-speed wine chiller di kulkas THINQ. Dalam 8 menit, wine akan menjadi sedingin es. Bir atau soda pun bisa menjadi dingin hanya dalam waktu 5 menit.

Anda tak perlu repot-repot membuang bunga es di freezer atau di chiller, karena teknologi yang diadaptasi dari AC LG dapat memutar-mutar udara dingin untuk mencegah terbentuknya kristal es.
Jika ada kerusakan, kulkas ini dapat mengirimkan informasi ke teknisi pusat. Perangkat keras dan lunaknya juga bisa di-update.

LG sedang mengusahakan lemari pendingin ini dapat terhubung dengan layanan belanja online seperti Ocado. Perusahaan asal Korea Selatan ini membuat kulkas berfungsi sebagai sistem manajemen makanan, bukan sekedar mendinginkan makanan saja. “Lemari es ini akan menjadi tren besar di masa depan,” kata Michael Lilie, perwakilan LG.

Bagaimana dengan harganya? LG THINQ Smart Refrigerator berkapasitas 877 liter ini dibanderol Rp 28 juta. Tunggu saja kehadirannya di Indonesia!

No comments:

Post a Comment

Pendapat Anda?