10 June 2015

Recipe: Thai Tea Grass Jelly Pudding

Puding Thai Tea dan Cincau

Thai tea memang salah satu minuman hasil kombinasi teh dan susu. Tapi, rasanya beda dengan jika kita mencampur teh dan susu secara manual. Thai tea seperti memiliki jejak pahit dari teh pekat, namun dilunakkan oleh lembutnya susu.

Secara rasa, teh asal Thailand ini mirip teh tarik dari Malaysia. Traditionally, keduanya memang menggunakan teh Ceylon dan susu evaporasi atau susu kental manis. Bedanya, warna Thai tea cenderung oranye sedangkan teh tarik cokelat muda.

Penyajiannya juga berbeda. Thai tea dihidangkan dingin dengan urutan penuangan di gelas: es-teh-susu. Warna yang tadinya bergradasi cokelat gelap, cokelat muda, dan putih jadi cokelat kemerahan setelah diaduk. Sedangkan pada teh tarik, teh dan susunya sudah dicampur. Campuran panas ini lalu dipindahkan dari gelas satu ke gelas lain dengan cara dituang dan ditarik agar suhunya menurun, sehingga bisa langsung diminum.

Di beberapa kopitiam dan gerai bubble tea, minuman berbahan teh dan susu dikombinasikan dengan cincau hitam (bahasa gaulnya: grass jelly).  Ternyata, perpaduan ini memang serasi. Keduanya memiliki elemen lembut serta manis sedikit pahit yang harmonis.

Saya jadi terpikir menyajikan Thai tea dan cincau dalam wujud berbeda, yakni puding. Selain karena saya memang suka puding, membuatnya juga mudah.

Tak perlu repot meracik Thai tea, karena sudah ada produk instannya dalam bentuk bubuk, yakni Nestea Milk Tea. Produk ini diimpor dari Thailand. Kalau tak ada, ganti saja dengan teh tarik bubuk instan yang lebih mudah didapatkan di supermarket. Namun, sesuai stok yang ada di rumah, saya mengombinasikan Thai tea dengan teh tarik. Berikut resepnya:

Bahan:
- 6 bungkus Thai tea atau teh tarik bubuk instan (saya menggunakan 4 bungkus Thai tea dan 2 bungkus teh tarik), seduh dengan 800 ml air panas atau hangat
- 1 bungkus agar-agar bubuk
- 1 sdm munjung gula pasir
- 1/3 sdt garam
- 580 gram cincau hitam manis, potong-potong dadu

Alat:
- Kompor
- Panci
- Sendok sup
- Cetakan agar-agar
- Kulkas

Cara membuat:

1. Keluarkan isi agar-agar bubuk di panci, lalu tuangi Thai tea setahap demi setahap sambil diaduk supaya agar-agar tercampur rata dan tidak menggumpal. Tambahkan garam dan gula.

2. Nyalakan kompor dengan api sedang, masak campuran agar-agar sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api.

3. Aduk-aduk adonan puding sekitar 1 menit agar panasnya agak berkurang. Kemudian, masukkan cincau. Aduk sebentar.

4. Tuangkan adonan puding ke cetakan, pastikan cincau tersebar merata.

5. Diamkan puding di suhu ruang sampai panasnya hilang, baru masukkan ke kulkas. Simpan sampai puding mengeras.

6. Keluarkan puding dari kulkas dan cetakannya, potong-potong, lalu sajikan.

Catatan:

- Garam ditambahkan untuk menyeimbangkan rasa manis

- Puding dinikmati begitu saja sudah enak. Tapi, jika suka, Anda bisa menyajikannya dengan vla vanila

Selamat mencoba!

Untuk: 18 potong

1 comment:

Pendapat Anda?